Editor | Kamis, 07 Desember 2017 09:48:51 WIB


Apabila melintasi jalan nasional Bandung-Ciamis tepatnya di Desa Sukasenang Kecamatan Sindangkasih, sangat disayangkan jika tidak singgah di Situ Rancamaya. Situ dengan luas sekitar 7 hektar tersebut dikelilingi sawah dengan pemandangan yang menakjubkan. Jarak dari jalan raya ke Lokasi Situ Rancamaya cukup dekat hanya 1 kilometer, sehingga hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di objek wisata air tersebut. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan angkutan kota 014 jurusan Ciamis-Darmacaang.

Selain menjadi objek wisata, Situ Rancamaya juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengairi sekitar 35 hektar sawah yang berada di Desa Sukasenang Kecamatan Sindangkasih dan peswahan di Kecamatan Cikoneng. Kelebihan lainnya, pengunjung dapat melihat aktivitas petani saat menanam padi, tandur, memberi pupuk dan saat panen. Sehingga bisa merasakan suasana desa dengan karifan lokal yang memberikan ketenangan dan kenyamanan tersendiri.

Situ Rancamaya memiliki potensi wisata air yang sangat potensial untuk digali dan dikembangkan menjadi kawasan objek wisata baru yang dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemerintah Kabupaten Ciamis, dan dapat mensejahterakan masyakat sekitar lokasi objek wisata tersebut.