Editor | Kamis, 07 Desember 2017 09:53:17 WIB


Sungai Cireong yang berada di Kp. Cireong Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis, adalah sebuat tempat wisata alam baru yang masih perawan. Sungai Cireong tersembunyi di kaki Gunung Sawal dan berdampingan dengan Gunung Golkar. Koordinat sungai Cireong ada pada S7.27036 E108.25556.

Sungai Cireong memiliki pesona tersendiri karena selalu berair jernih sekalipun pada musim hujan. Nampaknya kejernihan ini hasil dari bagusnya vegetasi hutan di hulu sungai Cireong. Sungai Cireog memang tersembunyi di balik rimbunnya vegetasi hutan

Sungai Cireong yang berair jernih menyajikan pesona keindahan tersendiri, ditambah pemandangan alam sekitar yang indah yang masih belum banyak terjamah. Sungai Cireong mengalir melewati Mandalika dan akhirnya bermuara di Sungai Citanduy.

Meskipun sudah mulai dikenal di kalangan wisatawan lokal, tetapi nampaknya sungai Cireong belum dikelola dengan baik untuk dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata. Hal ini dilihat dari minimnya fasilitas yang tersedia di lokasi. Meskipun demikian, di Sungai Cireong sudah tersedia lahan parkir, MCK dan Mushola sederhana yang dikelola oleh warga setempat.