Administrator | Senin, 05 Maret 2018 09:41:40 WIB


Ciamis sebuah kabupaten di Jawa Barat merupakan pintu gerbang yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah di lintas Selatan Jawa Barat. Dalam catatan sejarahnya, kabupaten yang dahulu  bernama Galuh ini merupakan daerah tempat bercokolnya beberapa kerajaan yang pernah berdiri di barat Pulau Jawa. Kondisi itu menjadikan kawasan Ciamis menyimpan banyak tinggalan-tinggalan sejarah dan aerkologis yang menjadi saksi bisu geliat kehidupan di masa lalu. Salah satu dari tinggalan sejarah tersebut terdapat di panjalu.

Panjalu adalah sebuah desa di kecamatan panjalu ciamis yang mempunyai pemandangan yang indah, adanya situ lengkong dan situs makan ini menandakan bahwa jejak peradaban islam telah memberikan pengaruh kepada masyarakat sekitar, cerita tentang penyebran islam di wilayah ini tumbuh dan berkembang menjadi cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun. Pada awal kerajaan panjalu ini bukanlah bercorak kerajaan islam, melainkan menganut kepercayaan sunda wiwitan sebagai agama asli masyarakat sunda peralihan kepercayaan yang dianut kerajaan panjalu menjadi islam baru ketika kerajaan inio dibawah tampian prabu borosngora.


Pada masa kekuasaan borosngora pusat pemerintahan kerajaan panjalu kemudian dipindahkan, dari yang semula berpusat di dayeuh luhur berpindah ke pasir jambu, Kini dikenal dengan nusa gede. Sebuah pulau yang terletak ditengah-tengah situ lengkong. Masyarakat panjalu sampai saat ini masih melakukan ritual ada nyangku, yang dilaksanakan setiap setahun sekali pada hari senin atau kamis di bulan mulud, makna dari acara tersebut sebagai ungkapan terimakasih kepada leluhur panjalu.